Fungsi dan Jenis-Jenis Bearing

Bearing atau dalam bahasa Indonesia “Bantalan” atau laher adalah sebuah elemen atau bagian dari mesin yang berguna untuk menunjang poros antara  dua atau lebih komponen mesin yang memiliki beban agar dapat berputar terhadap sumbu porosnya, atau juga menjaga suatu komponen yang bergerak linier agar selalu berada pada jalurnya. Prinsipnya kinerja bearing berkebalikan dari roda gigi.

Bagian – bagian Bearing :

Bearing terdiri dari beberapa bagian dan memiliki fungsi tersendiri berikut adalah penjelasan dari bagian-bagian bearing :

  1. Outer Ring dengan jalur (raceway)

Ring yang letaknya di bagian paling luar. Permukaannya bersentuhan langsung dengan ball/roler dan komponen mesin yang lain.

Ring ini berfungsi untuk menahan bola/roller tetap berputar di tempat yang sama. Terbuat dari material yang keras, seperti baja atau chrome, yang kekuatannya mempengaruhi beban yang diterima dan masa pakainya. Kadang juga terbuat dari keramik dan plastik, walaupun lebih ringan. Perlu diingat bahwa bahan bearing plastik tidak cocok untuk ditempatkan pada temperatur dan tekanan tinggi.

  1. Inner Ring dengan jalur (raceway)

Ring yang letaknya di bagian paling dalam. Permukaannya bersentuhan langsung dengan ball/roler dan poros. Umumnya terbuat dari bahan yang sama dengan outer ring.

  1. Komponen yang berputar atau bergulir

Bagian ini bentuknya bermacam-macam. Ada yang berbentuk bola, roller atau silinder, cone atau needle yang keras. Bagian ini bersentuhan langsung dengan outer dan inner ring. Bagian ini akan bergulir sesuai jalurnya ketika poros/komponen berputar.

  1. Cage atau sarang atau rumah.

Bagian ini berfungsi untuk menjaga jarak antara bola/silinder. Dengan demikian bola/roller tidak saling bertabrakan atau bergesekan satu dengan yang lain. Sehingga putaran bearing menjadi halus dan lancar.

  1. Seal atau penutup

Bagian ini mungkin hanya ada di beberapa jenis bearing saja. Bagian ini berfungsi untuk menutup agar kotoran tidak masuk ke dalam bearing, dan menjaga pelumas tetap bersih.

Beban Bearing

Selain itu dalam memilih bearing pertama kita harus mengetahui, untuk dipergunakan menahan beban apa, berikut penjelasan mengenai beban :

  1. Beban Radial

Yaitu beban yang tegak lurus dengan poros yang dipasang pada bearing. Contohnya adalah bearing yang digunakan pada poros roda sepeda motor atau sepeda.

  1. Beban Thrust / Dorongan

Yaitu beban yang berasal dari samping bearing. Contohnya adalah bearing yang digunakan pada kursi kantor yang berputar.

  1. Beban Kombinasi

Yaitu adalah beban yang berasal dari bagian atas dan samping bearing. Contohnya adalah penggunaan bearing pada assy kemudi mobil.

Bearing pun memiliki jenis sesuai kegunaannya :

1. Friction Bearing

Friction Bearing adalah bearing yang bidang geseknya bergerak secara bergeser dan saling bersentuhan langsung antara permukaan bearing dengan komponen mesin yang didukung. Hal ini mengakibatkan gesekan permukaannya saat tinggi.

Dikarenakan tidak memiliki komponen perantara antara bearing dan komponen mesin sebagai gantinya Friction Bearing dilapisi oleh pelumas yang tipis agar gesekan yang terjadi tidak merusak bearing atau komponen mesin. Berikut adalah beberapa jenis Friction Bearing :

a.Plain Bearing

Plain Bearing merupakan bearing yang memiliki permukaan rata pada bidang geseknya meskipun bentuk bearingnya melengkung seperti setengah lingkaran. Plain bearing terbuat dari bahan tembaga kuningan yang permukaannya dilapisi oleh logam babit.

b. Bushing

Bushing atau bush, merupakan sebuah bantalan atau laher  dengan bentuk melingkar seperti cincin yang digunakan untuk tempat poros yang berputar, pada hal ini bushing dan poros terdapat pelumas yang berfungsi pada saat poros berputar yang terkena adalah pelumas tersebut.

2. Antifriction Bearing

Antifriction bearing sendiri terdapat beberapa jenis tergantung penggunaanya, berikut adalah beberapa jenis Antifriction Bearing

a. Ball Bearing

Ball Bearing adalah Bearing yang menggunakan bola baja yang diletakan diantara kedua rel yang berfungsi sebagai alur dan berputarnya bola. Ball Bearing memilikibeberapa jenis antara lain :

    • Single Flow Radial Ball Bearing
    • Axial Thrust Ball Bearing
    • Angular Contact Ball Bearing
    • Self Aligning Ball Bearing

b. Roller Bearing

Roller Bearing adalah bearing yang bebentuk silinder yang kinerja kontak bagian dalam ataupun luar berbeda dengan ball bearing pada umumnya. Roller bearing secara umum digunakan sebagai tumpuan beban yang berat karena memiliki titik tumpu lebih bebar dari satu titik, berikut beberapa roller bearing :

    • Cylindrical Roller Bearing
      Cylindrical Roller Bearing adalah bantalan atau laher yang menggunakan silinder-silinder baja didalamnya. Silinder baja ini berfungsi sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak
    • Flexible Roller Bearing
      Flexible Roller Bearing adalah bantalan atau laher yang dapat menyesuaikan gesekan antara komponen dan bearing biasanya terdapat pada conveyor.
    • Needle Bearing
      Needle Bearing merupakan bantalan atau laher gelinding yang menggunakan roller baja atau baja berbentuk silinder sebagai media gesekan antar komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.Tapered Roller Bearing
      Tapered Roller Bearing adalah komponen bearing yang berfungsi untuk kelengkapan otomotif kendaraan mobil. Jenis bearing automotif equipment biasa dipakai pada tromol mobil, dimana roller bearing punya dua bagian yang bersebrangan arah.
    • Spherical Roller Bearing
      Spherical Roller Bearing adalah sebuah bantalan atau laher dengan elemen bergulir yang memungkinkan adanya perputaran bergesekan rendah, sekaligus meminimalisir  terjadinya ketidaksesuaian sudut.
    • Roller Thrust Bearing
      Roller Thrust Bearing adalah bantalan atau laher yang sanggup menahan beban yang sangat berat, biasa dipakai di gear set kereta, mobil box dan transmisi mobil.

Setelah mengetahui fungsi dan jenis-jenis bearing anda dapat menentukan bearing mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan mesin, kendaraan dan peralatan anda yang membutuhkan penggantian bearing.

Share