Mengenal bagian dan jenis – jenis forklift

Forklift atau truk garpu (juga disebut lift truck, jitney, fork truck, fork hoist, atau forklift truck)  adalah kendaraan yang memiliki 2 garpu dibagian depannya yang bisa digunakan untuk mengangakat benda berat dengan atau tanpa pallet.

Forklift juga merupakan alat bantu yang digunakan untuk mengangkan beban beban berat atau bisa juga untuk memindahkan barang yang berupa kendaraan. Garpu forklift pada umumnya kompatibel dengan pallet yang beredar di pasaran. Biasanya barang diletakkan di atas pallet, baru kemudian barang dipindahkan atau diangkat.

Ada beberapa sumber energi yang bisa membuat Forklift beroperasi, di antaranya bahan bakar solar, bahan bakar gasoline, gas, dan battery. Biasanya forklift digunakan di pabrik, garment, ataupun pergudangan.

Forklift dengan bahan bakar solar dan gasoline biasanya digunakan di luar ruangan. Sedangkan forklift yang menggunakan gas dan battery banyak digunakan di dalam ruangan. Hal ini karena forklift yang menggunakan gas dan battery tidak menghasilkan asap polusi.

Hal ini sangat penting untuk beberapa perusahaan seperti, industri garmen, makanan, minuman, dan perusahaan lainnya yang mengharuskan kondisi bebas polusi/asap.

Berdasarkan cara pengoperasiannya, forklift dibedakan menjadi 2 jenis yaitu manual transmission dan automatic transmission. Sebelum menggunakan forklift sebaiknya anda menggunakan pengaman seperti helm, sepatu, masker, dan kaca mata agar dapat memenuhi standarisasi mengemudikan forklift yg aman, baik, dan benar.

Bagian-bagian penting pada Forklift antara lain :

  • Fork 

Fork adalah bagian utama dari forklift yang berfungsi untuk menopang dan membawa serta mengangkat barang atau beban, Fork terbuat dari besi panjang dan lurus dengan panjang standart 1070mm dan bisa di tambah fork extension untuk bisa lebih panjang lagi. Untuk meletakan beban yang akan di angkat diatas fork harus diperhatikan untuk mengatur lebar fork, juga Perlu dimensi beban dan kapasitas berat beban yang mampu di angkat Fork sesuai kapasitas dari Forklift.

  • Carriage 

Carriage adalah bagian dari forklift yang berfungsi sebgai penghubung antara mast dan fork karena ditempat ini fork melekat. Carriage juga berfungsi sebagai sandaran keamanan untuk barang barang di pallet disaat kondisi barang berada di atas mast lifting.

  • Mast .

Mast merupakan bagian penting dan utama dari forklift, yang berfungsi untuk lifting dan tilting.karena antara fork dan mast adalah satu kesatuan agar forklift berjalan sebagaimana fungsinya. Mast sendiri terbuat dari dua buah besi yang tebal yang di antaranya terdapat komponen hidrolik sistem yang berfungsi sebagai pengangkat atau menurunkan barang.

  • Overhead Guard.

Overhead Guard adalah atap atau pelindung untuk operator forklift yang berfungsi untuk melindungi operator forklift jika saat melakukan pekerjaannya dalam mengangkat barang dan barang tersebut jatuh maka tidak langsung mengenai operator forklift dan jika di modifikasi bisa juga sebagai pelindung operator dari terik matahari dan hujan.

  • Counterweight 

Counterweight adalah bagian dari forklift yang berfungsi untuk menyeimbangkan beban yang diangkat dengan forklift itu sendiri, counterweight terletak  di baagian belakang yang berlawanan dengan fork. Sehingga kesetabilan forklift dan keseimbangannya tetap terjaga.

Selain bagian bagian diatas masih banyak lagi komponen komponen terpenting dalam forklift. Perlu diperhatikan juga anda mengetahui komponen tersebut sebelum mengoperasikannya, karena walau sekilas sistem pengoperasionalanya hampir sama dengan mobil akan tetapi dalam kasusnya akan berbeda jika mengoperasinoalkan forklift, seperti sistem roda kemudi yang ada dibelakang dan juga perlu keahlian khusus untuk dapat menggunakanya, kesalahan sedikit akan sangat berakibat fatal seperti terbentur, barang yang diangkat jatuh dan yang bisa lebih parahnya jika salah perhitungan forklift bisa terbalik, maka dari itu ketahui kapasitas forklift anda dan ketahui juga berat beban barang yang mau anda angkat atau pindahkan, kenali semua fungsi dari komponen atau spare part dalam forklift.

Jenis-Jenis Forklift

1.      Warehouse Forklift (Forklift Gudang).

Forklift gudang adalah jenis Forklift yang banyak di pakai. Forklift ini mempunyai garpu kembar memanjang pada bagian depan. Forklift gudang ini bagus untuk memuat dan menurunkan palet ataupun material secara seimbang. Selain itu, Forklift gudang ini paling sesuai untuk memindahkan dan mengangkut barang-barang dari kendaraan pengiriman.

Sebagian besar forklift-forklift industri ini dapat mengangkat beban hingga 2 ton, sebagian lagi untuk tugas berat yang hanya mampu mengangkat 1 ton saja, Ada beberapa varian atau subtipe dari forklift gudang, di antaranya adalah forklift side loader and forklift counterbalance (penyeimbang).

  1. Industrial Forklift.

Forklift berkapasitas besar yang meskipun tidak dapat mencapai sudut yang sulit seperti yang dilakukan oleh telehandler, ia mampu mengangkat muatan jauh lebih tinggi dari tanah daripada forklift gudang dan beban yang lebih berat. Forklift industri dimulai dengan lift maksimum 30.000 lbs. Utilitas forklift industri memiliki cakupan yang sempit dibandingkan dengan forklift telehandler dan gudang.

  1. Side Loader Forklift.

Side Loader Forklift adalah subtipe dari forklift gudang, forklift pemuat samping ini biasanya ditemukan di pusat servis baja dan fasilitas manufaktur dengan barang berat dan tebal. Operator forklift akan berdiri di kompartemen menyamping dan pemuat samping mengeluarkan benda di sisinya. Karena pengoperasiannya yang samping, forklift muatan samping dapat dengan mudah dikendarai di samping rak dan memuat dan membongkar tanpa harus berbelok. Ini membuatnya cocok untuk menavigasi gang-gang sempit dan menangani muatan panjang seperti kayu dan pipa.

  1. Rough Terrain Forklift.

Juga dikenal sebagai forklift tiang lurus, untuk medan kasar dan dirancang khusus untuk lokasi pekerjaan di luar ruangan, Truk ini memiliki ban pneumatik yang kokoh yang membantu mereka menavigasi tanah berbatu. Ban khusus berukuran besar dan berulir, memberi mereka keseimbangan dan stabilitas yang lebih baik untuk mengangkut material dengan aman.

5.      Counterbalance Forklift

Forklift Counterbalance / Penyeimbang adalah forklif dengan garpu di bagian depan dan berat di belakang kendaraan untuk mengimbangi berat beban. Forklift counterbalance tidak memiliki perpanjangan lengan, sehinga berkemampuan untuk pindah langsung ke beban. Ada beberapa jenis forklift penyeimbang. Forklift counterbalance dengan Varian 3 roda akan ideal untuk situasi yang mengharuskan operator berputar dan bermanuver dalam lingkaran. Forklift penyeimbang Stand-Up memungkinkan operator untuk dengan mudah naik dan turun di antara beban.

  1. Telehandler Forklift.

Telehandler Forklift atau forklift teleskopik  (Forklift jangkauan) memiliki lengan yang dapat diperpanjang, membuat kombinasi derek dan forklift. Garpu kembar yang melekat pada lengan ini digunakan untuk memindahkan palet dari tanah. Telehandler standar mampu mengangkat 5.500 pon bahan dari ketinggian hingga 19 kaki di udara. Truk penanganan material ini bagus untuk menjangkau ruang sempit dan sudut aneh.

  1. Reach Fork Truck.

Jenis forklift yang terakhir ini adalah Forklift Reach Truk. Biasanya jenis forklif ini digunakan untuk memindahkan barang yang berkapasitas besar, plus mampu melakukan penataan di atas rak-rak yang tinggi. Kendaraan jenis ini mampu mengangkat hingga 2 ton dengan mengangkat hingga ketinggian 8,5 meter.

Share